Dhammasena Photo Gallery

Kathina 2018

KATHINA DHAMMASENA TRISAKTI 2018

Halo Semua. Sukhi Hottu. Namo Buddhaya. Kathina merupakan salah satu hari raya agama Buddha.Hari raya ini merupakan hari berdana kepada anggota Sangha. Hari Kathina diperingati antara bulan oktober sampai dengan november. Sebelum hari kathina, para anggota Sangha menjalani massa Vassa. Vassa merupakan waktu berdiam diri selama 3 bulan untuk lebih memperdalam Dhamma serta bermeditasi.

Pada zaman Sang Buddha, ketika memasuki musim penghujan para anggota Sangha diperkenankan oleh Buddha untuk berdiam diri disuatu tempat dan berlatih Dhamma.Seperti yang disabdakan oleh Buddha pada Dhammapada syair 364 'Seorang Bhikkhu yang selalu berdiam dalam Dhamma dan gembira dalam Dhamma, yang selalu merenungkan dan mengingat-ingatakan Dhamma, maka Bhikkhu itu tidak akan tergelincir dari jalan benar yang mulia'.

Hari Kathina biasanya diperingati dengan upacara pemberian dana kepada anggota Sangha. Dana ini berupa kebutuhan-kebutuhan pokok anggota sangha, terdiri dari Jubah, makanan, obat-obatan, dan tempat tinggal. Berdana kepada anggota Sangha memiliki pahala yang luar biasa. Dan pada hari kathina inilah merupakan, waktu yang tepat untuk berdana kepada anggota Sangha.

Dengan ini kami setiap tahunnya selalu menyelenggarakan perayaan hari raya kathina.Pada tahun 2018 ini, tepatnya pada tanggal 11 November 2018 kami keluarga mahasiswa kerohanian Buddha Dhammasena Trisakti menyelenggarakan perayaan Hari Raya Kathina 2562 B.E. dengan serangkaian acara yang bertemakan 'Menanam Kebajikan Membuahkan Kebahagiaan' bertujuan agar perayaaan hari raya Kathina ini menjadi langkah kita untuk menerapkan ajaran Sang Buddha yang telah dibabarkan kepada kita semua.

Dalam cara ini juga dihadiri oleh bapak WAREK III universitas trisakti Bapak Hein Wangania.SH.MM.MH yang diwakilkan oleh Pak Hermaji. Acara kathina puja diawali pada pukul 13.00 WIB. Ritual kebaktian berjalan dengan penuh kesakralan. Pada perayaan Kathina 2562 B.E. / 2018, kami mengundang Y.M Bhikkhu Dhammasubho Mahathera untuk memberikan dhammadesana yang berkaitan dengan perayaan Kathina ini. Dalam rangkaian acara ini juga kami mengadakan Sanga dana dengan tujuan agar umat bisa memberikan dana pada Bhikkhu Sangha untuk melengkapkan kebajikan.

Kesuksesan Perayaan Hari Kathina 2562 B. E. / 2018 Dhammasena Universitas Trisakti tidak luput dari kerja keras panitia dan dukungan dari segenap pengurus Dhammasena Universitas Trisakti. Seluruh panitia dan pengurus bersama-sama mempersiapkan rangkaian acara dari persiapan hingga akhir acara. Terlebih adanya dukungan dari para anggota, alumni Dhammasena Trisakti, pihak Universitas Trisakti serta berbagai sponsor yang telah mensponsori acara Perayaan Hari Kathina. Kami segenap panitia dan pengurus Dhammasena Universitas Trisakti mengucapkan terimakasih kepada seluruh umat yang dating dan semua pihak yang turut mendukung demi kelancaran dan mensukseskan Perayaan Hari Kathina 2562 B. E. / 2018 Dhammasena Universitas Trisakti. Tak lupa pula kami ucapkan terimakasih kepada seluruh volunteer yang telah meluangkan waktunya untuk berperan serta dalam kegiatan ini. Selamat hari kathina 2562 B.E. Lets guide your life with giving.