Dhammasena Photo Gallery

WELCOME PARTY USAKTI 2016

Dhammasena Welcome Party 2016, 23-25 September 2016 1 "Full of Joy, Full of Love, Full of Happiness"

Guna menyambut dan mengenalkan mahasiswa/i baru dengan seluruh anggota Dhammasena, UKM Kerohanian Buddha Dhammasena Trisakti kembali mengadakan acara Welcome Party. Welcome Party adalah acara khusus yang diadakan setiap tahun untuk menyambut mahasiswa/i baru yang beragama buddha. Welcome Party tahun ini mengangkat tema "Full of Joy, Full of Love, Full of Happiness" dan diadakan pada tanggal 23-25 September 2016 yang berlokasi di Bumi Tridharma, Kampung Gunung Putri, Cipanas. Ciri khas dari acara welcome party ini adalah selain bersenang senang, kita juga secara tidak langsung mengenalkan peserta dengan agama Buddha melalui serangkaian games yang dimainkan.

Acara ini diawali dengan berkumpul bersama di sekretariat Dhammasena Univ Trisakti untuk melakukan pembacaan absensi dan pembagian bus untuk para peserta. Pukul 16.30 WIB perserta berangkat menuju Bumi Tridharma dengan sebelumnya membacakan Paritta Namakaragatha. Dalam perjalanan kami sempat berhenti di rest area selama 20 menit dan kemudian parapanitia membagikan makan malam sesaat setelah perjalanan dilanjutkan dari rest area pada pukul 19.00 WIB.Perjalanan kali ini terasa sangat lama, bukan hanya karena lokasi tempat yang cukup jauh, melainkan juga lalu lintas yang padat dan masalah yang terjadi pada mesin bus sehingga mengeluarkan asap. Panitia yang menyadari hal itu dengan segera memberitahukan supir bus untuk menepikan bus dan mengecek keadaan mesin sehingga keadaan tidak bertambah parah. Masalah lainnya adalah pada saat memasuki area jalan Bumi Tridharma yang dalam perbaikan sehingga kami memutuskan untuk turun dari bus dan melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum. Sekitar pukul 10.00 peserta tiba di lokasi dan karena masalah kendala di perjalanan yang menyebabkan mereka telat, para panitia langsung mengarahkan peserta untuk ke aula untuk melakukan kebaktian yang dipimpin oleh pemimpin kebaktian, setelah selesai kebaktian MC membacakan pembagian kamar peserta dan peraturan selama acara, kemudian ditutup sehingga peserta dapat beristirahat untuk acara besok harinya.

Memasuki hari kedua, pada pukul 06.00 diawali dengan melakukan senam pagi untuk meningkatkan semangat peserta dan menghangatkan badan karena cuaca yang dingin. Setelah senam pagi, peserta diberikan waktu untuk berganti pakaian dan sarapan, dilanjutkan dengan kebaktian pagi. Kemudian acara dilanjutkan dengan games perkenalan yang tertunda pada hari pertama, dan dan panitia membacakan pembagian kelompok untuk games-games selanjutnya dan menyiapkan talent show.

Games outdoor di mulai dari pukul 09.30 dengan serangkaian games sebelum jeda makan siang, dan kembali dilanjutkan setelahnya dengan tipe games games yang ringan. Masalah mulai terlihat ketika pukul 14.00 dimana terjadi hujan yang menyebabkan games outdoor tidak bisa dilanjutkan dan peserta kembali kedalam aula. Beruntung parapanitia sudah mempersiapkan segalanya sehingga para peserta tetap dapat melakukan games di dalam aula dengan games pengganti yang sudah dipersiapkan sebelumya. Pukul 15.30 terlihat hujan sudah reda, dan games outdoor dapat dilanjutkan kembali hingga sore hari. Setelahnya peserta diberi waktu untuk bersih diri atau mandi dan mempersiapkan talent show dengan tema yang sudah diberikan saat pembagian kelompok saat pagi harinya.

Pukul 19.30 setelah peserta dan panitia melakukan makan malam, kembali menuju aula untuk menampilkan talent show kelompok yang telah dipersiapkan sebelumnya. Talent show yang ditampilkan oleh peserta sangat menarik dimana dapat terlihat dari wajah perserta dan panitia saat menontonnya. Dalam talent show itu juga kami dapat melihat potensi peserta sebagai acuan dalam proses pengembangannya dalam kegiatan seharihari Dhammasena. Setelah penampilan talent show, panitia membacakan urutan juara dari hasil games yang sudah dilakukan pada hari keduadan juga penampilan talent show, dan pemberian hadiah oleh Ketua Panitia Pelaksana, Wakil Ketua Pelaksana,dan Ketua Umum Dhammasena Trisakti. Menjelang malam acara dilanjutkan dengan pengenalan seluruh panitia kepada peserta dan Struktur Organisasi oleh Ketua Umum Dhammasena Trisakti periode 2016/2017 dan kegiatan acara Dhammasena selama 1 periode. Sebagai penutup, panitia telah menyiapkan video yang berisi foto-foto peserta selama kegiatan berlangsung. Kemudian acara dilanjutkan dengan kebaktian malam dan penyalaan api unggun sambil menikmati hidangan snack yang sudah dipersiapkan.

Hari ketiga, kembali diawali dengan senam dan sarapan, lalu peserta diberi waktu mandi dan bersama-sama kembali ke aula untuk melakukan kebaktian dan sesi sharing. Setelah sesi sharing selesai acara dilanjutkan dengan games hiburan Werewolf, dan terakhir melakukan tanda tangan spanduk dan foto bersama, serta pembagian souvenir kepada peserta. Sekitar pukul 11.00 peserta melakukan makan siang sebelum melakukan perjalanan pulang kembali keUniversitas Trisakti. Setelah makan siang selesai, para peserta membawa barang bawaan menuju bus sesuai pembagian bus saat awal datang. Setelah membacakan Paritta Namakaragatha, kami melakukan perjalanan pulang pada pukul 12.00 dan tiba di Universitas Trisakti pukul 19.50. setibanya di kampus, kami selaku panitia mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh peserta yang mengikuti acara Welcome Party, dan berharap melalui kegiatan ini, kami semua dapat menjadi sebuah keluarga besar satu dan utuh.