Dhammasena Photo Gallery

Aksi Sosial : Berbagi Kasih dan Edukasi

Aksi Sosial : Berbagi Kasih dan Edukasi (22 Maret 2015)

Kegiatan Aksi Sosial dengan tema "The Power of Caring, The Moment of Sharing" yang dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2015 di Panti Asuhan Anak Putra Utama Tebet 3, Jl. Tebet Barat Raya No. 100, Jakarta Selatan berjalan dengan tertib dan lancar. Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 35 orang dari mahasiswa/i Buddhis yang berasal dari berbagai jurusan dan angkatan di Universitas Trisakti, 5 orang dari mahasiswa/i Buddhis yang berasal dari berbagai jurusan dan angkatan di Trisakti School of Management, dan 5 orang dari mahasiswa/i Buddhis yang berasal dari berbagai jurusan dan angkatan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti .

Perjalanan ke lokasi dimulai pada pukul 08.10 WIB dari Universitas Trisakti yang diawali dengan pembacaan paritta Namakhara Gatha di bus. Saat sampai di lokasi acara pukul 08.40 WIB, peserta menurunkan barang-barang untuk acara dan melakukan persiapan. Tepat pukul 09.00 WIB dimulailah acara, diawali dengan doa oleh anak panti. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kata sambutan dari, Ketua Panitia Pelaksana Aksi Sosial, Ketua Umum Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Ketua Umum Trisakti School of Management, Ketua Umum Dhammasena Universitas Trisakti, kata sambutan oleh pihak pengurus panti asuhan, dan terakhir adalah kata sambutan dari Perwakilan Warek III Universitas Trisakti.

Selesai kata sambutan, langsung saja MC membagi anak-anak panti dan volunteer menjadi 4 kelompok, satu kelompok berisikan 20 anak panti dan 5 orang volunteer. Setiap kelompok diminta membuat yel-yel kelompok, pukul 09.40 WIB yel-yel yang telah dibuat ditampilkan. Yel-yel yang ditampikan oleh anak-anak panti sangat kreatif, lucu dan penuh semangat. Setelah menampilkan yel-yel, kelompok dibagi menjadi dua. Satu kelompok untuk mengikuti Smart Competition dan satu lagi untuk mengikuti Fashion Show dari koran.

Pukul 09.45 WIB Smart Competition dimulai, begitu pula dengan fashion show. Saat smart competition dan fashion show dimulai volunteer dan panitia untuk menata ruang baca juga mulai bekerja.

Smart Competition babak satu berlangsung selama satu jam sampai pukul 10.45 WIB. Yang dilombakan adalah lomba menebak judul lagu, dan menebak penyanyi. Pada babak keluar kelompok 4 sebagai pemegang skor tertinggi sementara.

Smart Competition babak dua berlangsung selama satu setengah jam sampai pukul 12.15 WIB. Yang dilombakan adalah menebak gambar, dan melenggkapi gambar. Pada babak ini keluar kelompok 2 sebagai pemegang skor tertinggi sementara.

Setelah Smart Competition selesai dilanjutkan dengan sesi motivasi yang dibawakan oleh Ketua Umum Dhammasena Universitas Trisakti, Frydi Kurniawan. Selesai sesi motivasi ini, bertepatan dengan selesainya penataan ruang baca dan persiapan untuk fashion show.

Setelah sesi motivasi langsung disambung dengan penampilan Fashion Show oleh anak-anak panti. Baju yang dibuat sangat kreatif dan bagus, walaupun sebenarnya bajunya terbuat dari koran. Dilanjutkan dengan peresmian ruang baca yang baru dan dilakukan pemotongan pita oleh Ketua Panitia Acara Aksi Sosial, Ketua Umum Dhammasena Trisakti dan Perwakilan dari pengurus panti.

Para volunteer juga disuguhkan dengan permainan band oleh anak-anak panti. Setelah penampilan band dari anak panti ini, tiba saatnya untuk mengumumkan kelompok pemenang. Juara I jatuh pada kelompok 2, juara 2 jatuh pada kelompok 4, juara 3 jatuh pada kelompok 1 dan juara 4 jatuh pada kelompok 3. Para pemenang mendapatkan hadiah yang diserahkan oleh Ketua Umum Dhammasena Trisakti.

Selanjutnya diikuti penyerahan sertifikat kepada panti asuhan, dan juga penyerahan sumbangan secara simbolik oleh Ketua Panitia Pelaksana Aksi Sosial. Setelah penyerahan sertifikat dan sumbangan dilanjutkan dengan sesi yang paling ditunggu yaitu sesi foto.

Sesi foto berlangsung sangat meriah, anak-anak panti begitu antusias untuk berfoto, begitu pula dengan para volunteer. Setelah sesi foto selesai acara ditutup dengan ucapan terima kasih dari pihak panti asuhan dan pembagian souvenir dan makanan kepada anak-anak panti asuhan. Tepat pukul 13.10 WIB acara telah selesai dilaksanakan dan volunteer dan panitia meninggalkan lokasi acara. Acara berlangsung kondusif dan lancar, bantuan para volunteer sangat berharga begitu pula anak-anak panti asuhan yang sangat semangat dan kompetitif juga turut membantu terlaksananya acara ini.

Pukul 13.50 WIB para volunteer dan panitia tiba di Universitas Trisakti dengan kondisi yang baik, usaha para volunteer dan panitia terbayarkan dengan melihat lancarnya acara ini.