Dhammasena Photo Gallery

MAGHA PUJA & SEMINAR BUDDHIST 2564 B.E./2021

Magha Puja 2564 B.E./2021 dan Seminar Buddhist, The Essentials of Dhamma, 14 Maret 2021

Acara Magha Puja 2564 B.E. / 2021 dan Seminar Buddhist dengan judul 'The Essentials of Dhamma' diselenggarkan di Zoom pada tangal 14 Maret 2021. Sebelum memulai acara, para panitia melakukan briefing singkat lalu mempersiapkan kebutuhan acara seperti mempersiapkan apa ada kendala teknis di Zoom dan Youtube. Sesudah rapi, panitia pun melaksanakan Gladi Resik.

Waktu sudah pukul 12.30 para tamu sudah join ke Zoom seiring jalannya waktu acara ini dibuka dengan penampilan dari Saudari Lawrence Anzela yang membawakan lagu yang berjudul 'Buddha Loves Me'. Kemudian acara dilanjutkan dengan mengumandangkan lagu 'Indonesia Raya' dan 'Mars Dhammasena'. Setelah itu disusul dengan kata sambutan dari ketua pelaksana acara, ketua umum Dhammasena unit Trisakti School of Management, Senat, BPM, ketua Trisakti yang diwakilkan, serta Dirjen Agama Buddha yang diwakilkan.

Selanjutnya, yaitu puja bakti yang dipimpin oleh pemimpin kebaktian yang berlangsung selama 1 jam 30 menit. Setelah kebaktian selesai, dilanjutkan dengan penampilan dari Saudari Lawrence Anzela dengan membakan lagu 'Wanna Be Where You Are' serta menampilkan sponsor dari Raja Repair dan Life Future.

Acara dilanjutkan dengan video profil moderator mengenai Wedyanto hanggoro, lalu moderator membacakan profil Andrie Wongso, dan seminar bertema 'The Essential Dhamma' yang dibawakan oleh pembicara, saudara Andrie wongso. Isi dari seminar inti dari dhamma itu sendiri adalah 'sang Buddha mengorbankan kitab kebenaran mulia itu esensinya tentang penderitaan, sebab penderitaan, lenyapnya penderitaan, dan tentang caranya terutama melatih kebeneran'.

Selanjutnya,moderator membacakan profil dari Y.M. Bhikkhu Uttamo Mahathera. Lalu disambut dengan Bhikkhu Uttamo. Beliau menceritakan mengenai pandemi ini bukan hanya negative saja tetapi ada positifnya juga membuat orang mengikuti zoom ini dengan banyak orang, tetapi dampaknya banyak diikuti orang yang tidak dipikirkan oleh panitia dan itu kebaikan panitia jauh lebih berlimpah dari hukum sebab dan akibat.

Setelah materi selesai dibahas, Y.M. Bhikkhu Uttamo Mahathera selanjutnya untuk melakukan sesi tanya jawab ini, terdapat 4 orang penanya dan berlangsung selama 1 jam. Setelahnya, seminar ditutup dengan pemberian plakat kepada Y.M. Bhikkhu Uttamo Mahathera oleh ketua pelaksana acara Magha Puja, Saudara Antony Franklien selanjutnya kepada Saudara Andrie Wongso oleh Saudara Antony Franklien dan kepada Wedyanto Hanggoro oleh ketua umum Dhammasena unit Trisakti School of Management, Saudari Sheila Happy Nathania. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan doorprize yang sekaligus menjadi puncak acara Magha Puja 2021 ini. Tidak lupa para panitia dan pengisi acara melakukan foto bersama.