Dhammasena Photo Gallery

Fangshen 2019

Fangshen 2019,Set Free with Dhamma,24 November 2019

Acara Fangshen UKKB Dhammasena Trisakti School of Management diadakan pada hari Minggu, 24 November 2019, diawali dengan berkumpulnya seluruh peserta baik panitia, volunteer, maupun peserta lain dan undangan dari kampus Grogol maupun Bekasi di kampus Trisakti School of Management Bekasi pada pagi hari sekitar pukul 7. Turut hadir juga beberapa undangan diantaranya para alumni Dhammasena, pengurus Dhammasena Universitas Trisakti, BPM, Senat Mahasiswa, dan BAMA Trisakti School of Management. Kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan bis menuju Vihara Buddha Dharma, Bekasi. Setelah sampai di lokasi acara, para peserta Fangshen bersiap-siap dan duduk di dalam Dhammasala Vihara Buddha Dharma untuk melakukan puja bakti sebelum memulai acara, dibantu oleh MC volunteer (Mola dan Cindi) dari kampus Bekasi.

Pada pukul 9 pagi, acara dimulai dengan melaksanakan kebaktian dengan membacakan beberapa sutta yang dipimpin oleh pemimpin kebaktian volunteer (David dan Diana) dari Grogol dan dituntun oleh Bhante Tejavaro dan rekan dari Bhante Tejavaro. Setelah melakukan puja bakti, peserta dituntun oleh Bhante untuk melakukan meditasi agar lebih rileks. Acara dilanjutkan dengan pembabaran Dhammadesana oleh Yang Mulia Bhante agar para peserta dan umat menjadi lebih mengenal Dhamma dan memahami makna Fangshen. Setelah peserta mendengarkan babaran Dhamma, disediakan waktu break bagi para peserta selama 1 jam untuk makan siang dan bersiap-siap melanjutkan acara selanjutnya.

Setelah waktu istirahat, seluruh peserta baik panitia, volunteer, undangan, maupun Bhante kembali berkumpul untuk melakukan sesi penyerahan Plakat dan foto bersama seluruh peserta. Setelah melakukan sesi foto bersama, seluruh peserta berkumpul di depan Vihara Buddha Dharma (Kelenteng Hok Lay Kiong) untuk bersiap-siap melakukan Fangshen hewan (burung) yang telah disiapkan dalam beberapa keranjang. Sebelum dilepas,Yang Mulia Bhante membacakan beberapa Sutta dan membimbing para peserta untuk turut berdoa melakukan kebajikan dengan melaksanakan Fangshen (pelepasan makhluk hidup). Bhante juga memberikan blessing kepada hewan-hewan yang akan di Fangshen dengan melakukan pemercikan tirta. Kemudian seluruh burung pun dilepaskan bebas terbang ke langit dan dimeriahkan dengan slogan Fangshen 2019 (Set Free with Dhamma).

Setelah melakukan Fangshen hewan berupa burung di Vihara Buddha Dharma, para peserta termasuk Bhante melanjutkan perjalanan ke Balai Irigasi Kota Bekasi untuk melakukan prosesi pelepasan ratusan ekor ikan yang telah dikumpulkan dalam beberapa wadah kantong plastik besar. Beberapa peserta dan Bhante turun ke tepian pinggir sungai untuk bersiap-siap melepas ikan-ikan. Bhante memulai dengan melakukan pembacaan doa yang dibarengi dengan pelepasan ikan-ikan tersebut ke sungai. Pelepasan ikan menjadi sesi penutup rangkaian acara Fangshen 2019 yang diadakan oleh UKKB Dhammasena Trisakti School of Management dengan tema "Set Free with Dhamma".